Tips Kebun Organik Untuk Pemula

Ingin Punya Kebun Organik ?

Kebun organik ialah seni menanam apa pun yang Anda tanam di kebun atau halaman Anda tanpa bantuan pupuk atau pestisida buatan. Manfaatnya banyak, dan jika Anda memiliki pengetahuan dasar, kebun organik bahkan dapat berkembang hampir di mana saja. Salah satu manfaat terbesarnya adalah lebih baik bagi lingkungan. Ini mengurangi jumlah sumber daya alam yang kita buang setiap hari, dan menghemat uang dengan mengurangi jumlah makanan yang dibeli karena rasanya yang lebih enak atau umur simpan yang lebih lama. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memulai kebun organik Anda.

Ada berbagai jenis berkebun, dari berkebun di rumah hingga menanam komersial. Tumbuh organik bukanlah jenis berkebun yang baru. Sudah ada selama bertahun-tahun. Apa yang telah berubah selama bertahun-tahun adalah cara orang menanam tanaman mereka. Munculnya teknik pertanian komersial, seperti penyemprotan pestisida dan herbisida, telah mengubah lanskap di seluruh dunia. Ini berarti bahwa menanam sayuran dan rempah-rempah menjadi lebih sulit daripada sebelumnya.

Manfaat Memiliki Kebun Organik

Salah satu manfaat utama memiliki kebun organik adalah Anda menghilangkan banyak risiko yang ada saat Anda menggunakan bahan kimia untuk membasmi hama di kebun. Dalam pertanian tradisional, serangga atau penyakit berbahaya akan memusnahkan seluruh tanaman. Jika Anda menggunakan bahan kimia untuk membunuh hama itu, tanaman yang tidak terpengaruh akan lebih mungkin terpengaruh. Dengan menggunakan metode alami, risikonya berkurang. Itu berarti Anda meningkatkan kemungkinan tanaman Anda akan bertahan, bahkan jika ada hama.

Anda juga perlu memastikan bahwa taman Anda dilengkapi dengan penghalang pelindung terhadap kehadiran berbagai jenis hama. Hama selalu ada di daerah dengan banyak kelembaban. Jika mereka bisa masuk ke kebun Anda, mereka dapat menyebabkan masalah serius bagi tanaman Anda. Cara terbaik untuk menjauhkannya adalah dengan membangun penghalang yang akan mencegah kelembaban merembes ke dalam tanah.

 kebun organik

Ada dua jenis penghalang utama yang dapat Anda bangun di sekitar taman Anda. Salah satunya adalah pagar, yang mencegah hama. Lain adalah lapisan kerikil di bagian bawah taman Anda. Kedua metode ini efektif untuk mengusir hama, tetapi pada tingkat organik, Anda juga ingin memilih tanaman yang secara alami memiliki pertahanan terhadap hama.

Sebagai contoh, pada pupuk kompos terdapat mikroba yang bermanfaat dalam campurannya yang baik untuk kesehatan manusia. Mikroba ini juga dapat membantu untuk menangkal hama, meskipun memakan waktu cukup lama. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan di area taman Anda ini adalah membuat kompos sendiri. Anda dapat membeli atau mengumpulkan bahan organik dari sekitar rumah Anda, atau Anda dapat membuatnya sendiri dari awal. Anda akan kagum dengan perbedaan kompos yang Anda buat untuk kualitas dan kuantitas bahan organik di tanah kebun Anda.

Banyak tukang kebun organik membuat kompos mereka sendiri hanya dengan memungut sampah dari rumah tangga mereka, termasuk kertas, karton, kulit buah dan daun, dan potongan rumput dari halaman mereka. Ini mudah dilakukan dengan menggunakan penggaruk taman sederhana. Ini bisa menjadi berantakan, jadi Anda harus merencanakan ke depan jika Anda memiliki kebun organik yang besar dan banyak bahan yang berantakan untuk diambil. Setelah Anda selesai mengumpulkan, Anda harus memasukkan bahan-bahan tersebut ke dalam kantong sampah plastik besar dan menutupnya dengan rapat. Setelah Anda membuang sampah dari rumah Anda, Anda cukup membawanya ke fasilitas pengomposan setempat dan membiarkan mereka menanganinya.

Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa berkebun organik adalah tentang waktu yang tepat. Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membuang bahan berlebih dan hanya menemukan bahwa tanah kebun Anda masih penuh dengan hama dan gulma. Anda harus yakin bahwa Anda menanam tanaman Anda di awal musim, memungkinkan mereka cukup waktu untuk tumbuh, berkembang dan matang sebelum Anda mulai panen. Dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa taman Anda akan tetap menjadi tempat yang sehat dan indah selama bertahun-tahun yang akan datang.

 

Artikel Terkait :